Contoh Membuat Susunan Acara Pensi di Sekolah

Contoh Membuat Susunan Acara Pensi di Sekolah - Saya yakin kalian yang mencari informasi tentang membuat proposal Pensi pasti para anggota Osis. Biasanya pensi akan diadakan ketika selesai ujian nasinal atau di acara perpisahan di sekolah. Bagi anda yang tergabung dalam osis ada baiknya anda mempelajari dulu cara membuat proposal nya.

Contoh Membuat Susunan Acara Pensi di Sekolah

Sebelum itu anda harus menyiapkan rencana pada jauh hari supaya acara dapat berjalan dengan lancar tanpa tergesah-gesah. Baiklah langsung saja kita simak cara membuat proposal susunan acara pada pentas seni yang bisa anda pelajari ;

Bahan awal yang harus anda pkirkan untuk pembuatan proposal pensi sekolah adalah ;

1. Jenis kegiatan Pensi
Dalam hal ini anda berhak mennetukan jenis kegiatan pensi yang akan digelar, contohnya : Festival Band, Festival Dance, Lomba Puisi atau bisa kegiatan lain

2. Susunan Kepanitiaan
Di dalam susunan panitia biasanya terdiri atas Penanggung Jawab, Penasehat, Ketua Pelaksana, Wakil Ketua, Sekertaris, bendahara,seksi-seksi dan anggota. Itu masih bisa ditambah sesuai dengan keperluan acara tersebut

3. Tempat dan waktu pelaksana
Anda harus juga menentukan waktu, tanggal dan tempat dimana akan dilaksanakan pensi tersebut, biasanya ada di lampiran susunan acara.Contoh : Waktu dilaksanakan pensi tanggal 2 April 2013 sd 9 April dan Tempat di SMU Jungkir Balik.

4. Anggaran dana kegiatan Pensi
Point ini adalah yang terpenting, bila tidak ada anggaran maka pensi yang di rencanakan tidak mungkin bisa terlaksana. Jadi anda harus menyusun anggaran dana dengan benar. Anda harus belajar bersama anggota lain tentang cara mengatur dan menentukan dana. mulai dari berapa iuran siswa yang di gunakan untuk acara ini.

Dalam anggaran kegiatan anda harus memperhatikan jenis kegiatan nya, masing-masing kegiatan harus dijelaskan secara rinci mulai dari Administrasi, konsumsi, perlengakapan dan lain sebagainya.

Setelah rancangan diatas sudah anda susun dengan benar, langkah berikutnya adalah membuat Proposal kegiatan pentas seni tersebut untuk diajukan kepada Kepala Sekolah. Dengan adanya rancangan diatas anda akan mudah membuat Proposal.

Cara dan langkah-langkah menyusun proposal Pensi sekolah
Yang harus anda perhatikan dalam membuat proposal sebagai berikut

  1. Judul
  2. Pendahuluan 
  3. Dasar Kegiatan 
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Nama Kegiatan
  6. Waktu dan tempat
  7. Susunan Acara
  8. Susunan panitia
  9. Anggaran 
  10. Lampiran
Jika Proposal sudah selesai dibuat sekarang tinggal menunggu konfirmasi dari Kepala Sekolah. Jika anda belum paham silahkan download contoh Proposal susunan acara pensi disini, yang bisa langsung anda pelajari. Mudah bukan cara membuat Proposal kegiatan, semoga bisa mudahkan anda untuk belajar mengadakan kegiatan Pensi sekolah

Saya akan menujukan contoh Susunan acara  yang bisa anda pelajari ;

Contoh Susunan Acara Pensi Sekolah
  1. Doa
  2. Sambutan Kepala sekolah
  3. Talent (Tarian daerah atau Modern) kelas XII IPA dan IPS
  4. Talent (Musik) Kelas XII IPA
  5. Drama dari Kelas XII IPA
  6. Talent (musik/tari) dari kela XII IPS
  7. Pembacaan Puisi
  8. Talent (Vocal Grub gabungan kelas XII IPA dan IPS)
  9. Talent 
  10. Doa penutup
  11. Talent Musik

KETERANGAN :
Susunan acara diatas bisa anda tambahkan atau ganti sesuai acara yang ingin anda tampilkan, jika pentas seni yang anda gelar bersifat Pentas musik dengan mengundang salah satu band papan atas, anda tinggal menambahkan penampilan musik dari band tersebut. Talent bisa anda tampilkan sesuai bakat siswa yang ada di sekolah anda, seperti musik, tari, sulap, bela diri, stand up comedy, drama, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa tambahkan juga durasi yang harus dibawakan pada setiap tahapan acara, fungsinya untuk menentukan durasi berjalannya acara tersebut. Pada umunya pentas seni paling lama berdurasi 2 setengah jam. paling lama 4 jam.

Semoga bermanfaat dan maaf bila kurang berkenan

Previous
Next Post »