Cara Supaya Band Bisa Kompak dan Solid

Cara Supaya Band Bisa Kompak dan Solid - Anda punya band?, tapi gak bisa kompak antar sesama personil?. Anda datang ketempat yang tepat, embah akan memberikan petunjuk kepada kalian supaya band bisa tetap kompak. Sebenarnya susah gampang untuk membuat band, gampangnya tinggal kumpulin orang yang bisa nyanyi, main gitar, main bass, main drum, tukang gulung kabel (lho..)

Cara Supaya Band Bisa Kompak dan Solid

Tapi gak semua band itu bisa solid dan kompak lho, untuk band yang baru terbentuk paling semangat cuma bertahan sampai 5 bulan, setelah itu loyo lagi. Seberapa pentingkah Cemistry dan kekompakan antar personil dalam suatu band?, sangat penting. Jika Cemistry sudah terbentuk dengan baik, maka permainan musik kalian akan semakin kompak, harmonis, dan tidak egois. Langsung saja kita simak Cara Supaya Band Bisa Kompak dan Solid,

1. Dapatkan Cemistry atau kecocokan antar personel
Untuk bisa mendapatkan kecocokan tersebut, anda bisa membuat acara Kumpul bareng, Sharing atau hanya sekedar jalan-jalan saja. Butuh waktu yang agak lama untuk bisa saling mengerti satu sama lain, ini juga harus kalian latih. Semakin sering kamu kumpul bareng, malah semakin cepat cemistry tersebut akan terbentuk

2. Berlatih hanya dengan Band anda
Kita bicara masalah fokus sekarang. Jangan biarkan orang lain selain personel band masuk ke dalam studio, itu akan mengganggu waktu berlatih anda. Sebagai saran, jangan mengajak Pacar untuk ikut berlatih (kecuali pacar anda juga termasuk personel band anda), tujuan ngeband bukan untuk pamer pacar. Kalau ada yang bilang pacar bisa membantu semangat dalam berlatih itu SALAH BESAR. Niat dan semangat kuat hanya dari diri kita sendiri.

3. Jangan memainkan alat musik, bila ada anggota yang berbicara
Latihan band bukan hanya memainkan alat musik terus menerus, tapi pasti ada masukan dari anggota anda, Fokus dengan anggota yang memberi masukan atau arahan, Hal ini untuk menghindari salah paham jika anda memainkan musik ketika ada yang berbicara, dan akan dianggap tidak menghiraukan anggota yang sedang berpendapat.

4.Ketahui Kemampuan tiap Personel
Band yang terbentuk tidak selalu memiliki Pemain yang profesional, oleh karena itu anda harus tau Skill dari tiap anggota anda. Misal : anda meminta berlatih dengan lagu Metal, padahal drummer anda belum mempunyai skill di aliran tersebut, jangan dipaksakan dan ganti lagu lain, suruh secara halus personel anda untuk berlatih lagu metal, karena musisi harus bisa menguasai semua aliran.

5. Jangan Egois saat mengatur balance suara
Ini yang masih terjadi pada Band baru, karena ingin tampil menonjol main seenaknya sendiri dan mengeraskan volume alat musiknya sendiri, sehingga ia mengabaikan anggota lain.

6. Untuk Drummer Berlatihlah mengatur Tempo, kenapa??
Dalam sebuah band bisa kita ibaratkan dengan Peperangan, Vokalis sebagai Rajanya, Gitaris/Bass/Piano sebagai Pasukanya dan Drummer sebagai Jendral yang mengatur strategi untuk memenangkan peperangan.  Tau gak maksudnya??.

Drummer memiliki peran yang sangat penting bagi jalannya suatu musik, jika tempo drum lari/terlalu pelan/terlalu cepat bisa mempengaruhi permainan dari Gitar,bass dan piano. Kalau tempo terlalu cepat, suara si vokalis akan cepat lelah dan kebingungan.

7. Mainkan lagu Orang lain dan Aransemen ulang dengan gaya band anda sendiri
Sering seringlah mengubah style lagu aslinya dengan aliran band anda sendiri, hal ini berguna untuk melatih tingkat Kreatifitas anda maupun anggota anda. Jika anda terlalu sering memainkan lagu dengan gaya aslinya, akan sangat membosankan, Jadilah musisi yang Kreatif.

8. Latihan Kusus untuk Pentas
Cobalah berlatih seolah olah anda sednag ada diatas panggung, misalynya sang Vokalis berlatih menyapa penonton atau saat mengajak penonton untuk bernyanyi bersama. Ini juga perlu dilatih, supaya pada saat tampil pentas yang sebenanrnya tidak Grogi, karena persiapan sudah matang.

9. Ikut Festifal Band
Keuntungan terbesar ketika mengikuti Festival band adalah Pengalaman. Selain itu anda bisa mengetahui kemampuan dari anggota band lain. Dengan mengikuti festival anda juga bisa mengukur seberapa siap band anda untuk bisa terus tampil didepan umum.

Sudah paham belum tentang tips ngeband biar semakin komopak?, jika anda merasa artikel ini ada yang kurang silahkan tambahkan dengan cara komentar di bawah. Semoga artikel tentang cara ngeband yang kompak, bisa bermanfaat.

Previous
Next Post »