Cara Ampuh Supaya Kuat Berlari Jarak Jauh

Cara Supaya Kuat Berlari Jarak Jauh - Tidak semua orang bisa kuat berlari dengan jarang yang jauh dan tidak cepat lelah, tapi bila terus dilatuh pasti kuat, dengan cara dan olahraga yang pas, agar stamina tubuh bisa kuat. Tapi kemampuan kuat berlari tidak hanya dilihat dari stamina saja, melainkan ada teknik pernapasan tertentu yang membuat stamina kita lebih kuat saat berlari.

Cara Ampuh Supaya Kuat Berlari Jarak Jauh

Pada saat berlari seluruh otot dalam tubuh membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak, hal yang sama dengan paru-paru, pada saat berlari kerja paru lebih kencang dan juga membutuhkan oksigen. Oleh karena itu lah mengapa kita mudah lelah saat berlari. Berikut ini akan dibahas mengenai cara supaya kuat berlari jarak jauh, silahkan disimak ;

1. Menggunakan Pernapasan Perut, Bukan dada
Pernapasan antara perut dan dada mudah dibedahkan. Jika anda masih belum mengerti tentang perbedaan keduanya, cobalah anda telentang dan hembuskan nafas berulang kali, coba perhatikan keadaan dada dan perut, jika dada yang naik turun berarti itu pernafasan dada, jika cuma perut yang mengembang maka itu lah pernafasan perut. Jika bernafas melalui perut akan membuat nafas anda semakin baik dan panjang saat berlari.

2. Bernafas dari Mulut
Bernafas melalui mulit adalah cara yang paling benar untuk berlari, asupan oksigen yang banyak melalui mulut akan lebih banyak begitu juga dengan karbon dioksida yang keluar. Lain dari itu kondisi rahang dan wajah akan terlihat lebih santai. Beda lagi kalau kita berlari menggunakan Hidung saat bernafas, pasti wajah akan mengencang dan rahang akan mengeras, selain itu juga mudah capek dan ngos ngosan

3.Nafas yang berirama
Ini merupakan salah satu strategy yang sering digunakan para atlet, adalah dengaan cara mengatur pernafasan yang konsisten. Contohnya ada dua orang pelari, pelari yang pertama mengambil nafas setelah 2 kali melangkah, sedangkan pelari ke 2 bernafas dilangkah yang ke 3. cara ini juga disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

4. Mengambil nafas pendek
Mengatur nafas yang pendek, akan membuat lari lebih lama. Jika anda menhgambil nafas panjang saat berlari pasti lebih mudah capek , dan tidak mungkin kuat berlari dengan jarang yang cukup jauh.

5. Dengar Nafas anda 
Coba dengarkan nafas anda melalui telinga, ketika nafas mulai ngos ngosan, kurangi kecepatan lari anda, dan apa bila nafas anda sudah mulai stabil, tingkatkan kecepatan lari secara bertahap.

Tidak mudah memang untuk mengatur nafas saat  berlari, tapi bila anda rajin berlatih pasti bisa meningkatkat kekuatan lari anda dan bisa mengatur nafas anda dengan baik saat berlari. Demikian tips Berlari supaya kuat berlari jarak jauh, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »