Cara Menambah Stamina Saat Olahraga

Cara Menambah Stamina Saat Olahraga - Hal yang paling terpenting dalam semua cabang olahraga adalah stamina. Baik itu sepak bola, Tinju, Wushu, Futsal , Renang pasti membutuhkan stamina yang ekstra supaya bisa bermain secara maksimal dan bersemangat. Tingkat kekuatan stamina olahraga sangat menentukan kemenangan pada perlombaan.

Cara Menambah Stamina Saat Olahraga
Menambah Stamina Saat Olahraga

Beberapa metode yang ampuh supaya stamina anda bertambah dan meningkat secara drastis adalah dengan cara latihan. Metode apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan stamina saat berolahraga. langsung saja kita simak Tips yang saya anjurkan dengan latihan Kardio, yaitu berlari. Yang bisa anda lakukan dengan latihan ini adalah

1. Joging Pagi
Berlarih dengan tempo lambat di pagi hari bisa membuat badan anda terasa segar, tidak hanya itu stamnina anda akan bertambah jika dilakukan secara rutin. Supaya tidak gampang lelah cobalah berlari ringan sambil melihat ke arah bawah, tapi perhatikan juga pandangan depan anda.

2. Latihan Lari di Medan yang berat
Pergilah ke Pantai terdekat, dan berlatih lari disana. Pasir pantai akan membuat langkah anda semakin berat dan susah, justru ini akan menjadi tantangan bagi anda, walaupun stamina anda akan terkuras, tetapi hasilnya bisa meningkatkan stamina anda. Pilihan lain anda bisa pergi ke daerah pegunungan yang medannya menanjak dan menurun.

3. Atur jadwal latihan anda
Jika anda adalah orang yang sibuk, aturkah jadwal latihan sebaik mungkin, seperti 2 kali seminggu. Bila anda ingin mendapat hasil yang maksimal sebaiknya jangan memperbanjang jeda latihan. contoh 2 kali dalam satu bulan, latihan yang anda lakukan hanya sia-sia. Bisa juga latihan ringan joging setiap pagi yang saya bahas pada point 1

4. Gunakan Pernafasan yang benar
Sewaktu mulai latihan sampai sebisanya, nafas panjang masuk dari hidung keluar dari hidung. Setelah itu sebisanya, nafas normal masuk dari hidung keluar dari hidung, kemudian sebisanya nafas pendek masuk dari hidung keluar dari hidung. Ketika sudah terasa sangat berat masuk hidung, keluarkan lewat mulut, Jangan pernah bernafas masuk dari mulut keluar juga dari mulut (hyperventilation) karena dapat menyebabkan pusing bahkan pingsan.

Bila ketika berlari perut terasa sakit, lanjutkan saja karena nanti akan hilang dengan sendirinya. Jika terasa sudah tak sanggup bernafas, berhenti jangan sampai kehabisan nafas. Jika kaki terasa sakit kurangi tempo. Dan jangan melupakan istirahat serta asupan nustrisi untuk tubuh.

5. Makanlah buah Pisang sebelum dan sesudah berlari
Pisang memiliki kandungan kalori dan vitamin yang banyak, mampu untuk menambah atau mengembalikan stamina sesudah berolahraga. Sering-sering lah memakan pisang supaya stamina anda tetap terjaga.

Semoga artikel  Cara menambah stamina bermanfaat..!!

Previous
Next Post »