Cara Membuat Band Menjadi Terkenal

Cara Membuat Band Menjadi Terkenal - Jika anda menggeluti dunia musik, dan mempunyau sebuah band. Pasti anda menginginkan menjadi pemain band yang terkenal bersama personil band anda. Banyak sekali band yang tiap hari bermunculan di tanah air, tapi untuk menjadi terkenal sangatlah susah, karena Industri musik di Indonesia sudah sangat ketat. Jangan kan di Indonesia, untuk terkenal di wilayah regional Kota saja sangat susah.


Modal utama yang harus dimiliki sebuah band yang ingin terkenal adalah Tekat dan kemauan keras. Selain itu juga harus memilki skil yang baik dan kreatifitas yang tinggi. dibawah ini akan dijelaskan mengenai cara menjadikan band anda terkenal. silahkan disimak

1. Modal Awal sebuah band hanya tekat semangat dan kekompakan. Banyak band" yang mencoba untuk terkenal, namun pada akhirnya bubar hanya karena kurang kompak dan tidak cocok satu sama lain. Bagi anda yang belum tau, TEKAD dan NEKAT itu beda, tekat bukan berarti anda harus mengorbankan semua yang anda miliki untuk band anda, tapi tekat adalah kemauan keras yang datangnya dari jiwa, setelah itu didukung oleh materi dan kemampuan yang kita punya.

Kompak juga mengartikan kesepakatan dalam memilih aliran, jenis lagu dan keputusan bersama lainya.

2.Sesudah anda memiliki band yang solid dan kompak, jiwa musik anda sudah punya jiwa yang kuat diband tersebut. Poin yang ke dua adalah skill atau kemampuan dari tiap para personilnya, harus mampu menguasai alat musik yang dimainkannya, tidak usah nunggu buat jago, udah ngerti teknik dasae bermusik aja udah cukup, soal skill kalian bisa berkembang bersama dengan band tersebut. Ketahui juga kelemahan dari tiap para personil, hal ini penting untuk pemilihan lagu, jika ada salah satu anggota yang skillnya kurang, bawakan lagu yang kira nya sanggup dia mainkan.

Mainkan lagu tersebut dengan rapi dan kompak, lagu yang dibawakan bukan dinilai dari tingkat kesusahan lagu tersebut, tapi bagaimana cara kekompakan band anda dalam membawakan lagu itu.

3  Jika band sudah kompak dan rapi dalam membawakan lagu dari Musisi lain. Kini saatnya anda belajar membuat lagu untuk band anda sendiri. Lagu bisa digarap bersama-sama atau Individu. Kompak sudah dapat, semangat juga maksimal, mainnya udah bersih, band anda sudah siap buat lagu sendiri. Gak usah bikin lagu yang skill nya susah, walupun melow tapi dibawakan dengan rapi dan kompak, pasti enak didengar. Kalau sudah jadi anda bisa record lagu itu buat di kirim ke radio-radio atau Label musik Indonesia. Jangan buat lagu banyak-banyak, mending lagu sedikit tapi memiliki kualitas yang tinggi


4. Jika poin 3 udah anda laksanakan, dan sudah memiliki demo lagu. Sekarang anda kirim lagu tersebut ke Label-label musik, kemungkinan besar lebih banyak di tolak, jadi disini lah tekat anda diuji. seberapa kuat mental anda di tempa dalam hal ini. apa anda mau maju atau mundur karena mendapat tolakan dari para labels, dan membuang semua usaha keras anda?. Jika masih bisa berusaha jangan mundur, kemungkinan label sedang sibuk dan tidak sempat mendengar demo musik anda. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah mengikuti Festival musik, jika menang band anda akan mudah mendapat nama, bahkan beberapa label musik ad yang bekerja sama dengan Festival tersebut. Band besar yang terkenal karena memenangkan Festival adalah D Masiv, J Rock,

5. Sekarang kita berbicara tentang Promosi, teknik nomer 4 itu juga termasuk dari Promosi. Jangan dengan Promosi yang besar. Cobalah untuk membagikan CD demo ke teman teman dekat anda, atau bisa ke radio. Promosikan juga lewat Internet dengan cara buat website tentang band mu (kalau gk punya modal pakai Blogspot aja gratis), buat Video perform band anda dan unggah ke Youtube.

6. Tidak dapat dipungkiri, bergabung ke dalam komunitas, menambah teman sehobi, dan berkolaborasi dengan band lain adalah cara yang penting. Dimana anda bisa mendapat informasi-informasi penting yang dapat menguntungkan band anda. Jadwal manggung, info label, jadwal event pengiriman demo cd, atau anda juga bisa bertukar pengetahuan tentang penguasaan alat musik dengan teman-teman dalam komunitas tersebut.

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu anda dalam hal mengembangkan kekompakan dan popularitas band anda. Semoga banyak musisi baru dalam negri yang bisa membawa nama Indonesia di Kanca musik Dunia. Amin.

Previous
Next Post »