Cara Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Cara Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain - Saat kita menjalani kehidupan sehari-hari pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya kesalahan., entah itu dengan keluarga, pacar teman ataupun orang lain yang tak kita kenal.  Besar kecilnya kesalahan tersebut bisa berpengaruh bagi orang lain.


Begitu juga dengan sebaliknya, orang lain pasti juga pernah berbuat salah kepada kita, dan bahkan mungkin kita sangat sulit untuk memaafkannya, karena mungkin kesalahan itu membuat kita sakit hati yang begitu mendalam dan terjadilah rasa dendam di hati kita. Seberapa pun sakit hati kita pada orang yang berbuat salah kepada kita, itu bisa dihilangkan hanya dengan cara Memaafkan orang tersebut, namun yang menjadi masalahnya, apakah bisa dengan semudah itu memaafkan orang tersebut, nah oleh karena itu Sebilas Inpo akan membagikan cara mudah memaafkan kesalahan orang lain.

  1. Melupakan Keburukan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melupakan semua keburukan, memang cara ini tidak bisa langsung memaafkan, tapi paling tidak kita bisa mengurangi rasa sakit yang kita rasakan terhadap orang yang berbuat salah pada kita, bila ada sesuatu hal yang bisa mengingat keburukan itu anggap saja pelajaran yang kalian.

2. Mengingat semua kebaikan 
Jika kita mengingat semua kebaikan dari orang yang menyakiti kita, akan menimbulkan rasa ingin memaafkan dari hati yang paling dalam, karena entah itu besar atau kecilnya perbuatan baik orang itu terhadap kita pasti akan menimbulkan dampak yang baik bagi hidup kita. Namun bagaimana bila orang itu tidak berbuat baik pada kita?. cukup anda tau bahwa mungkin kebaikan orang tersebut secara tidak langsung di anda, tapi melalui orang lain dan seterusnya.

3. Sering Menyapanya
Meskipun orang tersebut pernah berbuat kesalahan pada kita, cobalah untuk tetap menyapanya. Dengan begini akan menimbulkan rasa nyaman jika bertemu dengan orang tersebut dan rasa jengkel atau marah akan hilang dengan sendirinya, dan anda sudah bisa memaafkannya

4. Lihat Manfaatnya
Mungkin ini sangat membingungkan bagi anda, tapi coba pehatikan manfaat dari kesalahan orang tersebut.  Misal saja anda putus dan sakit hati dengan pacar anda, tapi saat ini anda sudah mendapatkan pacar yang lebih baik dari sebelumnya, yang bisa menerima anda apa adanya. Ada juga ilustrasi yang bisa menggugah hati anda

" Ada seorang pemuda miskin yang di usir oleh seorang satpam sebuah pabrik ketika hendak melamar pekerjaan. Anak muda itu tidak di ijinkan masuk karena pakaian yang di kenakan di anggap kurang pantas. Dengan cara di bentak-bentak, anak muda itu di minta agar segera meninggalkan tempat tersebut. Pemuda itupun sakit hati dan berniat membalas dendam pada satpam tersebut. Namun apa daya tenaga kalah uang juga tak punya. Akhirnya pemuda itu berjanji akan membalas dendam jika dia sudah kaya atau setidaknya sudah bisa sukses. Pemuda itu pun berusaha keras dan beberapa tahun kemudian dia sudah mempunyai usaha sendiri dan mempunyai banyak pegawai. Ingatlah pemuda itu pada satpam yang dulu menyakitinya. Ketika hendak mempersiapkan acara balas dendamnya, pemuda itu merenung dan akhirnya sadar bahwa jika satpam itu dulu tidak mengusirnya, maka sampai saat ini dia akan jadi karyawan dan kalaupun tidak di terima maka dia tidak akan punya semangat untuk menjadi sukses seperti sekarang ini. Jadi pemuda itu justru berterima kasih pada satpam galak tersebut karena sudah membuat hidupnya menjadi lebih baik."

Dari Contoh diatas memaafkan memang indah. Dan hati anda akan lebih tenang bila bisa memaafkan musuh atau orang yang sudah menyakiti Kita. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »