Latest News

10 Mitos Jawa yang Dipercaya Secara Turun-Temurun

10 Mitos Jawa yang Dipercaya Secara Turun-Temurun - Suku jawa kebanyakan memiliki kepercayaan akan tanda alam disekitarnya yang menurut mereka memiliki pertanda suatu hal yang terjadi. Namun sebagian orang percaya kejadian tersebut berhubungan dengan magis dan musryik belaka. Mitos dibawah ini adalah hanya digunkan sebagai media informasi saja, boleh anda percaya boleh juga tidak. Langsung kita simak mitos jawa yang masih dipercaya hingga sekarang oleh sebagian orang.


1. Jangan bersiul di sore atau malam hari
Mungkin anda pernah mendengar larang dari orang tua tentang jangan bersiul saat sore atau malam hari. Konon jika kita bersiul  disaat itu akan mengundang makluk halus disekitar kita dan mereka akan membalas dengam siulan.

2. Ayam jantan berkokok sore hari atau tengah malam
Para sesepuh jaman dulu mempercayai bila ada Ayam yang berkokok pada malam hari, maka akan ada gangguan atau wabah penyakit yang dibuat oleh makhluk Halus.

3. Burung pipit yang berkicau terus menerus
Di Jawa burung pipit sama saja dengan Burung Prenjak, yang digunakan untuk mengetahui kehadiran tamu yang akan berkunjung. Saat tamu akan berkunjung ke rumah, Burung tersebut akan berkicau secara terus menerus. 

4. Dilarang menggigit bibir bagian bawah
Menggigit bagian bawah adalah hal yang buruk dan dilarang bagi para sesepuh jawa. Konon katanya bila seseorang tarlalu sering menggigit bibirnya bagian bahwa akan membawa petaka atau rejeki akan sulit. 

5. Tidak boleh sering menangis saat hamil
Bila seorang Ibu hamil sering menangis ketika ia sedang hamil, konon anak yang di lahirkan juga akan sering menangis. Oleh karena itu para orang tua selalu mengingatkan kepada ibu hamil supaya tidak menangis ketika hamil. 

6. Dilarang Foto bertiga
Apakah anda pernah mendengar mitos atau larangan tentang foto bertiga?. Konon bila mitos ini dilanggar maka orang yang ditengah foto tersebut akan meninggal dan tidak umur panjang. Bisa juga salah satu diantara mereka akan pergi jauh dan susah bertemu. 

7. Kupu-kupu terbang didalam rumah
Mitos ini hampir sama seperti burung pipit. Kono bila ada kupu-kupu yang masuk didalam rumah tak lama lagi akan datang tamu. Bila kupu-kupub tersbut hinggap diangota tubuh pemilik rumah maka tamu tersebut sudah semakin dekat

8. Anak gadis tidak boleh berdiri didepan pintu
 Menurut orang jawa kuno, bila anak gadis yang duduk dipalang pintu konon ia akan sulit mendapat jodoh. 

9. Burung gagak Berputar didepan rumah
Burung gagak dipercaya memiliki kemampuan yang berbau dengan mistis. Apabila burung gagak didapati terbang mengitari atas rumah seseorang, konon salah satu keluarga rumah tersebut akan meninggal dunia.

10. Celaka Bila Nabrak kucing
Jika suatu saat anda menabrak kucing dijalan, itu meruapakan sebuah pertanda bahwa anda akan mengalami kecelakaan juga. 

SUDAH BACA. Jangan Lupa Voting 1 Ulama Favorit Kalian

Related Post:

Widget by [ Sebilas Inpo ]

0 Response to "10 Mitos Jawa yang Dipercaya Secara Turun-Temurun"