Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan - Tanaman kemangi memang tidak terdengar asing di telinga kita, apa lagi daun nya sangat mudah di peroleh. Nama lain dari tanaman kemangi adalah Ocimum Basiliculum yang berartikan tanamanan yang beraroma. Memang kemangi memiliki arima yang khas dan mudah di kenali.

Khasiat dan Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan

Di Indonesia daun tanaman ini sering  dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan, seperti lalapan pada Nasi Pecel, Nasi bebek, apa lagi kalau di Pepes tambah mantep. Anda sering makan?, pasti tidak tau khasiat apa yang terkandung di Daun Kemangi kan?. Oleh karena itu Sebilas Inpo akan membagikan Beragam Khasiat Daun Kemangi yang belum anda ketahui.

1. Bagus untuk Kesehatan mata dan Mulut
Daun kemangi mengandung Vitamin A, yang pasti bagus untuk menyembuhkan Infeksi mata, meredakan mata yang lelah dan bisa mencegaj penyakit mata lainnya. Disamping tu daun kemangi juga bisa dugunakan untuk menghilangkan bau mulut yang berlebihan.

2. Menurunkan Demam dan Masuk Angin
Bagi anda yang belum tau, daun kemangi juga bisa menurunkan demam pada anak balita lho, dengan cara ambil beberapa lembar daun kemangi, lalu remas beserta bawang merah  dan minyak kelapa/minyak goreng, lalu oleskan di perut dan punggung pada balita.

3. Mencegah Batuk
Di Beberapa negara di Asia menggunkan daun Kemangi sebagai campuran untuk membuat Teh, tujuan nya adalah mencegah batuk saat berada di musim dingin. Mungkin anda perlu mencobanya.

4. Baik untuk Jantung
Beberapa penelitian menegaskan, kandungan Betakaroten dan maknesium bisa membantu menjaga dan memelihara kesehatan jantung

5. Mengatasi Stroke 
Pada seseorang yang menderiya gejalah stroke, Daun kemangi dapat meningkatkan fungsi pembulu nadi pada pasien stroke, karena terdapat kandungan isovlafon. Zat tersebut jua ada pada kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, dan Kedelai.

6. Merangsang Sel Telur
Daun kemangi bisa membantu proses pematangan di sel telur (ovulasi), karena daun kemangi terdapat kandungan zat stigmaasterol yang berguna untuk merangsang pematangan sel telur.

7. Mengobati Panu
Dengan Cara ambil beberapa daun kemangi, cuci bersih kemudian haluskan lalu campurkan dengan kapur sirih, oleskan kulit yang terserang panu.

Sangat banyak sekali khasiat dari daun kemangi. Semoga setelah membaca artikel Khasiat daun kemangi anda wawasan anda tentang daun kemangi akan semakin bertambah.

Previous
Next Post »