Cara Melupakan Masa Lalu Yang Buruk

Cara Melupakan Masa Lalu Yang Buruk - Setiap manusia pasti memiliki suatu pengalaman masa lalu  yang buruk dan yang baik. Namun tingkat masalah tersebut beragam ada yang besar dan ada yang kecil. Pengalaman buruk yang pernah dialami itu lah yang membuat penyesalan dan rasa bersalah yang berkepanjangan.


#Tauhkah anda, bahwa masa lalu tidak mungkin bisa dilupakan?. Lalu dengan cara apa kita bisa Move On dan bangkit dari keterpurukan kesalahan masa lalu tersebut?. Temukan jawabanya di bawah ini. Stay on.

Tidak baik mengingat dan terperangkap oleh kesalahan dimasa lalu, terutama bagi anda yang sudah melakukan benyak kesalahan di masa lalu, sekaranga saatnya anda bebaskan diri dari masa lalu dan bergerak maju untuk melihat masa depan yang lebih cerah. Berikut sedikit ulasan mengenai cara melupakan pengalaman buruk di masa lalu, silahkan disimak

1. Mengingat Masa lalu yang baik dan buruk
Mengingat suatu kesalahan yang kita alami memang sakit rasanya. Tapi dengan cara mengingatnya anda semakin tau letak kesalahannya. disamping itu anda harus juga mengingat pengalaman baik yang ada diantara pengalaman buruk tersebut. Dengan mengingat pengalaman yang buruk bisa menjadikan pelajaran bagi anda yang berharga untuk tidak mengulanginya lagi. Dengan mengingat masa baiknya akan membuat anda Move On setelah mengingat masa buruk tersebut.

2. Cari tau sebab dan akibat dari masa lalu anda
Anda pasti pernah mendengar pepatah "Jika satu pintu tertutup, masih ada pintu lain yang terbuka",  Dengan memegang prinsip ini anda akan mengetahui bahwa apa yang terjadi di masa lalu bisa membawa dampak yang baik bagi kedepannya. Dengan cara melihat harapan yang baru akan membuat anda terlepas dari pikiran masa lalu anda, dan membawa semangat baru bagi anda.

3. Jangan Mendramatisasi sebuah masalah
Mendramatisasi adalah seseorang yang berpikir terus-menerus suatu masalah, padahal masalah tersebut sudah lewat. Orang yang memiliki sifat ini ia akan selalu kawatir dengan keselahan tersebut,dan berpikir efek nya akan berpengaruh besar pada masa depannya, padahal itu cuma pemikirannya saja. Namun bila ia punya pemikiran hadapi masa depan untuk jadi yang lebih baik, maka ia tidak akan peduli dengan masa lalu nya lagi dan terus melihat ke depan.

4. Berdamai dan maafkan masa lalu anda
Ini point yang paling penting, Seperti dikatakan simbol "#" di paragraf awal, Bahwa masa lalu memang tidak mungkin bisa dilupakan, hanya orang yang tidak memiliki pengalam buruk yang berkata bisa dilupakan. Semakin anda berusaha melupakannya, justru kita semakin mengingatnya. Akibatnya kita malah makin sedih.

Sekeras apa pun cara anda melupakan masa lalu, cara itu tetap gagal. Tapi ada satu cara yang bisa membuat anda tidak memikirkan masa lalu yang kelam lagi, yaitu dengan cara "Memaafkan dan Berdamain dengan masa lalu"

Lalu bagaimana cara memaafkan masa lalu kita?, dengan mengambil hikmah dari kesalahan tersebut maka anda sudah bisa memaafkan masa lalu anda.  Masa lalu bukan untuk dilupakan, tapi masa lalu adalah modal yang paling berharga untuk bisa anda ambil Hikma nya. Tapi yang jadi masalah adalah tidak semua orang itu mau mengambil Hikmah dari kesalahan tersebut.

5. Bergumbul dengan teman-teman baru
Cara terbaik untuk bisa terlepas dari masa lalu adalah dengan membuat hubungan baru bersama teman-teman atau kenalan baru. Hal ini bukan berarti anda harus melupakan teman lama, namun dengan teman-teman baru, suasana dan lingkungan pergaulan baru, Anda akan lebih mudah melupakan masa lalu. Hal terbaik dari memiliki teman baru adalah Anda membuka kesempatan untuk mendapatkan pengalaman, wawasan baru, serta harapan yang mungkin terbuka lebar.

Jangan habiskan hidup anda hanya untuk terus menerus menyesali masa lalu anda, karena masa yang sudah lewat tidak mungkin  bisa diulangi lagi. Anda hanya bisa mengubah masa lalu dengan memperbaiki diri untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Semoga Bermanfaat.

Previous
Next Post »