Bagaimana Cara Mengatasi Demam Panggung

Cara Mengatasi Demam Panggung - Mungkin anda sering gemetar saat diatas Panggung??. Jika anda masih mengalami hal demikian berarti anda masih demam terhadap panggung. Berbicara didepan banyak orang memang hal yang tidak mudah, apa lagi didepan ribuan orang. Hal seperti ini biasa dialami saat berpidato, menari, bermain musik di Panggung atau demam panggung saat presentasi.


Pengertian demam panggung adalah Orang yang masih Grogi atau gemeteran saat berada diatas pangung. Hal itu tentu menggangu performa kita, juka sudah latihan secara matang, tapi demam panggung tiba-tiba muncul, tentu akan mengurangi penampilan kita. Lalu bagaimana cara mengatasi demam panggung yang sangat menganggu?. Yuk kita simak sama-sama :

1. Tetap Santai dan Tenang
Anda perhatikan artis saat naik diatas panggung. Mereka dengan PD nya beraksi, terlihat nyaman tanpa gangguan apa pun. Yang mereka lakukan adalah tetap tenang dan santai. Selain itu mereka juga sudah terbiasa tampil diatas panggung. Tidak mudah memang melawan rasa Grogi dengan santai. Coba lah terus berlatih dan biasakan diri anda dengan panggung.

2. Atasi Saat Tegang
Sebelum naik ke panggung tentu rasa tegang akan melanda, hal ini udah biasa saat demam panggung. Tegang juga dapat mengurangi Konsetrasi anda saat diatas panggung. Jadi cabalah sebelum naik keatas panggung minum lah segelas air putih sambil berdoa, setelah itu tarik nafas panjang dan buang, sampai tubuh anda benar-benar relax dan tenang.

3. Buat Konsep, siapkan konsep secara matang dengan LATIHAN
Nomor 3 ini juga menentukan penampilan anda diatas panggung. Berlatihlah dengan giat supaya demam panggung anda hilang. Contohnya jika anda pemain band dan ingin tampil, anda harus menyiapkan diri anda seperti berlatih lagu apa saja yang ditampilkan. Jika demikian rencana anda sudah terkonsep dan siap untuk tampil, demam panggung pun berkurang.

4. Persiapan
Persiapkan juga mental anda sebelum manggung. Tak jarang juga ada orang yang panas dingin sebelum naik keatas panggung. Hal itu dikarenakan kurangnya persiapan termasuk latihan.

5. Percaya Diri
Percaya diri sangat memegang peranan penting di panggung, kita harus percaya bahwa kita bisa dengan kemampuan pada diri sendiri. Dan harus yakin bahwa kemampuan tersebut bisa melenyapkan grogi. Pilih topik atau kemampuan yang kita kuasai dan kita pernah mengalaminya. Dan anda yakin bahwa kita tidak sendiri serta yakin akan bisa melakukan itu, dan hal ini harus kita anggap sebagai pengalaman yang harus kita jalani. Bila gagal kita anggap ini sebagai pembelajaran berharga bagi diri kita,selain itu anda yakin bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik.

Cobalah dengan ke 5 tips diatas saat anda demam panggung. Jangan takut gagal jika anda sudah berlatih secara maksimal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

Previous
Next Post »