3 Distro Linux Untuk Pemula


3 Distro Linux Untuk Pemula - Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.(Wikipedia)

Namun menurut admin sendiri Linux itu adalah sistem operasi berbasis unix yang memiliki basis lisensi opensource dan gratis.Maka dari itu linux boleh di perbaharui atau di ganti oleh siapa saja.Berbeda dengan windows ,Linux ini juga memiliki aplikasi yang memiliki ekstensi berbeda.Jadi jika para pengguna Windows mencobanya pasti agak kebingungan.Maka dari itu admin akan menyarankan 3 Distro linux yang menurut admin pas bagi pemula.


1. UBUNTU

Pertama adalah Ubuntu, yap menurut admin ini adalah yang paling mudah,mengapa? Karena ketika anda melihat linux ini anda akan terpesona.Tampilan yang friendly dan menarik membuat anda akan semakin tertarik dengan Linux.Dengan begitu tentu saja peminat bagi Ubuntu cukuplah banyak.
Selain itu terdapat banyak fitur yang ada di ubuntu,anda bisa mengganti temanya sesuai keinginan anda.Penuh warna namun tidak membosankan.Itulah UBUNTU.Pengaplikasiannya juga sangat mudah bahkan penginstalannya.Jadi bagi para pemula yang ingin mencoba Linux,admin sarankan UBUNTU-lah yang dijadikan pertama



Ini adalah tampilan UBUNTU yang saya ambil di Google.Merupakan versi terbarunya saat saya menulis artikel ini,yaitu 16.04.Bagaimana menarik bukan ?


2. LINUX MINT


Yang berada diurutan kedua menurut admin adalah MINT.Sesuai namanya,Distro linux ini terlihat sederhana namu berkesan cool.Tampilan yang friendly membuat Distro ini menjadi salah satu yang admin sarankan.Ini adalah salah satu distro Linux yang pernah admin pakai untk mengerjakan tugas.Terdapat banyak penyedia aplikasi loh tak kalah dengan Ubuntu.Lucunya setiap versi dari Mint ini sendiri diberi napa dengan Nama wanita, seperti dibawah ini versi 18.0 SARAH.

Selain itu MINT juga anda bisa modifikasi tampilannya,salah satunya yaitu GRUB bisa anda ubah dengan menggunakan GRUB yang tersedia di google.Ya karena itu admin tempatkan Mint pada posisi kedua.



3.ZORIN OS
Zori OS merupakan distro Linux yang dikembangkan untuk para pengguna yang baru aja mau pindah ke Linux.Zorin sendiri merupakan distro yang dikembangkan dari Ubuntu.Tampilannya benar benar sangat friendly,mirip dengan Windows XP maupun 7.

Zorin OS sendiri memilik 2 versi yaitu versi gratis dan Premium yang tentunya berbayar.Zorin OS sendiri admin tempatkan di nomor 3 karena belum pernah dicoba.Namun admin mendapat beberapa referensi dan memilahnya,ternyata Zorin OS termasuk salah satu yang pantas bagi pengguna Windows untuk dicoba.



Bagaimana, setelah membaca anda pasti akan penasaran untuk mencoba Linux.Artikel admin diatas adalah artikel yang pernah admin uji menurut kesusahan menginstal dan menjalankannya.Kecuali Zorin OS yang menurut teman admin termasuk salah satu distro Linux yang tidak membingungkan.Sekian artikel dari admin wassalam.

Previous
Next Post »