5 Negara dengan waktu puasa terlama

5 Negara dengan waktu puasa terlama - Pengertian puasa dalam kaidah bahasa bisa diartikan sebagai menahan. Menahan di sini, yaitu menahan dari hal-hal yang masuk ke dalam mulut dalam bentuk makanan dan minuman, bahkan juga diartikan menahan dari perbuatan dan bicara.


Sedangkan pengertian puasa menurut istilah adalah menahan diri dari segala perbuatan yang membatalkan puasa seperti makan, minum, muntah dengan sengaja, hubungan suami istri, onani dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 

Nah setiap negara terkadang memiliki perbedaan waktu puasa,namun muslim di negara tersebut tetap menjalankannya.Di Indonesia sendiri kita menjalankan puasa sekitar 13 jam.Namun di negara lain ada yang 19 jam bahkan 20 jam.Dimanakah itu? marikita lihat negara dengan waktu puasa terlama.



1.Islandia - 22 Jam


Umat muslim di Islandia harus menuntaskan makan sahur pada pukul 2 pagi dan baru bisa berbuka pada tengah malam pukul 00. Saat ini komunitas muslim Islandia cuma beranggotakan 770 orang. Menjadikan negara kepulauan di jantung Atlantik itu sebagai negara dengan penduduk muslim terkecil di dunia.



2.Swedia - 20 Jam

Muslim di Swedia termasuk yang paling tangguh di dunia. Ketika bulan Ramadan jatuh pada musim panas, maka mereka harus berpuasa selama lebih dari 20 jam. Saat ini kaum muslim Swedia berjumlah sekitar 500.000 orang, atau sekitar 5% dari total populasi. Masyarakat setempat tergolong toleran terhadap kaum muslim di sana. Swedia tercatat memiliki 16 masjid yang tersebar di kota-kota besar.


3. Alaska - 19 Jam 45 Menit


Terdapat sekitar 3000 kaum muslim di negara bagian Alaska, AS. Kebanyakan bermukim di Anchorage. Sejatinya muslim Alaska harus berpuasa sekitar 19 jam jika mengikuti waktu lokal. Tapi sebagian berpuasa dengan berkiblat pada waktu Arab Saudi, yang berarti berbuka pada pukul tujuh malam.

4. Jerman - 19 Jam


Muslim Jerman yang berjumlah jutaan dan sebagian besar berasal dari Turki dan Afrika utara tahun ini akan berpuasa selama 19 Jam, dari pukul setengah empat pagi hingga jam sepuluh malam. Tradisi penganan sahur dan berbuka di sini serupa dengan di Timur Tengah. Serupa dengan di negara lain, umat muslim di Jerman melaksanakan ibadah Sholat Tarawih pasca berbuka. 

5. Inggris 18 Jam 55 Menit


Komunitas Islam di Inggris mewanti-wanti anggotanya agar berhati-hati selama bulan Puasa 2015. Pasalnya waktu puasa yang lama bisa menimbulkan bahaya kesehatan, terutama untuk kaum manula. Muslim Council of Britain juga memperingatkan warga yang menderita kadar gula tinggi. Menurut Guardian, sekitar 2,7 juta umat muslim hidup di Inggris, 325.000 di antaranya punya Diabetes.


Nah itu beberapa informasi yang admin ambil dari beberapa laman.Mungkin ada yang bertanya kenapa puasa di negara lain terkadang lebih lama? 

Bumi dalam mengelilingi matahari tidaklah lurus melainkan miring, sehingga dalam waktu tertentu (maret - september), negara2 di belahan bumi utara menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di selatan, dan di waktu yang lain (oktober - februari) negara2 di belahan bumi selatan menerima cahaya matahari lebih lama dari yang di utara).

Jadi beruntunglah kita yang tinggal di Indonesia yang memiliki rentan waktu puasa 13 jam.

Previous
Next Post »