Latest News

Tips Menghadapi Wawancara/Interview Kerja Beserta Contoh Pertanyaan

Tips Menghadapi Wawancara/Interview Kerja - Dalam hal mencari pekerjaan, langkah utama yang harus dilakukan adalah membuat surat lamaran kerja. Sebelumnya admin membuat artikel tentang "cara mengirim surat lamaran kerja lewat Email". Selanjutnya ketika kita dipanggi untuk melakukan tes Wawancara kerja, langkah inilah yang paling menentukan untuk mendapat posisi pekerjaan tersebut. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan mental, fisik dan persiapan lain untuk menghadapi nya.


Sedikit Tips mengahdapi wawancara kerja :
Untuk menunjang kelancaran menghadapi Interview kerja, yang harus anda perhatikan pertama kali adalah penampilan, kemudian yakinkan kepada Tester (yang mewawancari) bahwa anda sangat pantas untuk mendapat atau menduduki posisi tersebut. Mungkin anda bingung dengan pertanyaan apa saja yang diberikan kepada tester, dan bingung harus menjawab seperti apa?. Tenang, admin akan memberikan contoh pertanyaan yang sering diajukan saat wawancara kerja.

Contoh pertanyaan dalam tes Wawancara kerja beserta contoh jawabannya

1. Jelaskan secara singkat tentang diri anda ?
Ini adalah salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara kerja, pada saat pembukaan. Jangan sampai memakan banyak waktu saat menjelaskan tentang diri anda. tips menjawab : Berikan saja jawaban 4 subyek, Tahun-tahun terakhir, Pendidikan, Sejarah kerja lalu pengalaman karir terakhir,

2. Beri penjelasan singkat yang anda tau tentang perusahaan kami?
Saat si tester memberikan pertanyaan ini, hanya untuk menggambarkan sejauh mana anda mengetaui tentang perusahaan tersebut dan sejauh mana perusahaan tersebut dikenal oleh masyarakan luas. Tips menjawab : Berikan jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa anda telah meluangkan waktu untuk mempelajari sedikit tentang purusahaan tersebut. Tekankan juga keunggulan yang di miliki perusahaan tersebut.

3. Apa Kelebihan anda?
Suatu perusahaan berharap menemukan sesuatu hal yang berbeda dari diiri anda yang menonjol dan pantas untuk bergabung di perusahaan tersebut. Tips menjawab : Sebutkan kemampuan yang anda miliki, misalnya bakat atau hobi yang unik, tambahkan juga keberhasilan yang pernah anda capai dibidang tersebut. Sebutkan juga cara anda memprioritaskan sebuah masalah, kinerja anda dan tanggung jawab.

4. Kenapa anda tertarik dengan pekerjaan ini?
Sebutkan kurang lebih 2 poin saja ketertarikan anda tentang pekerjaan tersebut, yang berhubungan dengan keunggulan kinerja. Misalnya posisi tersebut membutuhkan tanggung jawab yang tinggi dan ketelitian, anda menyukai kedua hal itu dan mampu melakukan tugas yang akan diberikan

5. Apa Kelemahan anda?
Untuk pertanyaan ini jangan pernah anda jawab dengan jawaban anda orang malas, susah bangun pagi dan lain sebagainya yang menunjukan anda kurang disiplin. Jawablah dengan diplomatis misal, "Saya kurang terbiasa bila berbicara didepan banyak orang, tapi saat ini saya mencoba untuk mengatasinya, karena hgal tersebut juga berhubungan dengan karir saya kedepan nanti, dan saya yakin pasti bisa mengatasi hal ini.

6. Apakah anda bersedia lembur kapan saja
Jawaban ini tergantung dengan kondisi dan situasi anda. dan jawablah sesuai masing-masing pribadi anda.  Berikan alasan yang jujur dan logis dan bisa diterima. Misalnya, "Kalau untuk lembur kapan saja, diluar hari minggu saya bisa, karena dihari itu saya ada Tugas gereja yang harus saya kerjakan". (Ini berdasarkan pengalaman admin)

7. Apakah anda mampi bekerja didalam sebuah Tim?
Selalu jawab Iya dalam pertanyaan semacam ini, dan sebutkan juga pengalaman yang pernah anda alami bila berkerja sama dengan banyak orang. JIka belum pernah bekerja, ceritakan organisasi yang anda ikuti.

8. Apa yang anda cari disebuah pekerjaan?
Berikanlah jawaban yang berkisar oportunitas, berikan ajwaban kepada pewawancara bahwa anda ingin memberikan kontribusi dan ingin dikenal. Hindari jawaban mengenai kestabilan keuangan Pribadi.

9. Berapakah gaji yang anda harapkan
Pertanyaan ini sangat sensitif namun mudah dijawab. Tips menjawabnya : Katakan saja "Pertanyaan yang cukup sulit, tapi bisahka bapak/ibu menujukuan kisaran gaji untuk posisi ini?, Biasanya perusahaan akan menujukan kisaran gaji juika anda menanyakannya. Jika tidak dijawab, anda bisa tanya lagi mengenai detail pekerjaan tersebut beserta tanggung jawabnya, setelah itu baru anda bisa memperkirakan gaji yang anda inginkan.

10. Apakah anda siap di tugaskan di Perusaan cabang yang ada di luar kota?
Ini juga menentukan, jika semua pertanyaan diatas sudah lolos, tapi gagal untuk yang satu ini sangat disayangkan sekali. Jangan jawab tidak dengan alasan apa pun, itu akan menujukan bahwa anda tidak siap untuk menanggung tanggung jawab. Siap tidak siap jawab saja YA. Karena biasanya pertanaayn ini hanya sebuah Test saja.

11. Apakah ada yang perlu di tanyaakan
Anda harus menyiapkan pertanyaan untuk menunjang antusias anda untuk bergabung di perusahaan tersebut. Misalnya anda menanyakan secara detail tentang posisi yang akan anda isi, atau menanyakan tentang proyek terbaru apa yang sedang di kerjakan perusahaan tersebut.

Demikian artikel mengenai Tips Menghadapi Wawancara/Interview Kerja Beserta Contoh Pertanyaan. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang akan melakukan Wawancara kerja. Semoga sukses bagi anda.

SUDAH BACA. Jangan Lupa Voting 1 Ulama Favorit Kalian

Related Post:

Widget by [ Sebilas Inpo ]

0 Response to "Tips Menghadapi Wawancara/Interview Kerja Beserta Contoh Pertanyaan"