Cara Menjadi MC yang baik dan Menarik

Cara Menjadi MC yang baik dan Menarik - Siapa yang belum tau apa itu MC?. Saya jelaskan sedikit MC kepanjangan dari Master Ceremony, adalah seseorang yang membawakan atau memimpin jalannya suatu acara yang sudah disusun sebelumnya. Coba perhatikan di berbagai acara panggung seperti Konser yang sering diadakan di Tv, ada MC yang terdiri dari 1 sampai 2 orang yang mempimpin acara. Nah jika anda ingin belajar menjadi Mc, anda bisa pelajari tips dibawah ini,


Modal yang di butuhkan untuk menjadi MC
  1. Coba tingkatkan berhubungan dengan orang lain , dengan banyak bersoialisas anda akan menjadi supel, dan anda akan nyambung bila berbicara dengan orang lain, nah bila anda jadi MC anda nyambung dengan acara yang dikehendaki pelaksana dan penonton
  2. Tingkatkan kemampuan berbahasa anda, seperti bahasa Indonesia, bahasa inggris, bahasa daerah anda, bahasa lainnya atau bahasa Gaul, hal itu suapaya anda bisa menyesuaikan acara yang anda bawakan
  3. Bila anda memiliki dana dan waktu, ikutilah kursus MC 
  4. Pahami dan pelajari urutan daftar acara sebelum membawakannnya
  5. Pahami Karakteristik Audience, supaya tidak salah dalam pemilihan bahasa, contoh anda membawakan acara ulang tahun jangan menggunakan bahasa resmi. 
  6. Kalau dituntut untuk MC berdua, carilah pasangan yang setera dengan anda, hal itu juga menentukan cemistry dan keberhasilan acara yang dibawakan
Cara menjadi MC yang baik dan menarik

1. Murah Senyum
Cara yang pertama adalah murah senyum, Senyum yang tulus akan membuat orang lain tergetar dan otomatis akan membuat hadirin merasa tenteram dan nyaman dengan acara tersebut. Ini sangat membantu pembentukan suasana yang kondusif antara pengisi acara dan audience. Rumus senyum yang tulus adalah 2-2-7, bibir ditarik 2 cm ke kanan, 2 cm ke kiri dan lakukan selama 7 detik [saja]. Ini bisa dilakukan dengan otodidak tanpa ikut training MC formal.

2. Percaya diri
Selanjutnya anda harus selalu percaya diri pada saat membawakan acara dan yakinkan diri anda kalau anda bisa membawakannya dengan baik, Hal ini selalu menjadi kendala bagi MC yang baru pertama kali membawakan suatu acara, Apapun yang terjadi selalulah tampil percaya diri, jujur dan jangan sekali-kali menggurui audience. Sampaikan yang kita tahu dengan percaya diri dan audience akan menghormati kita, memberi apresiasi pada kita dan tentu saja akan mendengarkan apa yang kita ucapkan.

Dalam sebuah ruangan yang kacau balau, yakinlah pasti ada satu dua orang yang memperhatikan kita, cari itu dan beri mereka senyum tulus, sehingga energi positif itu akan menular kepada mereka dan akhirnya ke seluruh isi ruangan.

3. Konsentrasi
Audience sangat peka terhadap yang satu ini, apa lagi pada saat acara resmi. Kalau pembicaraan kita sudah ngelantur, tidak fokus, maka artinya ada konsentrasi kita yang sudah kacau balau. tarik nafas panjang dan sadarkan pada diri kita, bahwa konsentrasi sangat penting dipakai sebagai modal dasar untuk menjadi MC yang penuh improvisasi.

4. Menguasai Urutran Acara
Bagaimana jadinya kalau MC tersebut tidak menguasai suatu acara?, pasti ada acara yang blank dan kekosongan acara yang kita bawakan, Disini lah peran stage manager, karena dialah yang menghubungkan antara kesiapan acara tersebut, Saat suatu acara memerlukan waktu persiapan untuk tampil, maka jangan biarkan panggung menjadi kosong, kecuali kalau persiapan acara itu memang bagian dari acara itu sendiri.

5. Rajin Membaca
Ada baiknya anda rajin emmbaca untuk menambah wawasan anda, MC perlu sedikit tau tentang segala hal, contohnya sepak bola, dunia catwalk, atau yang lain, supaya kita bisa memberikan komentar apa pun yang pas saat didepan audience.

Itulah beberapa tips dan cara menjadi MC yang baik dan menarik. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih.

Previous
Next Post »