Latest News

Cara Yang Tepat mengatur Keuangan agar tidak Boros

Cara Yang Tepat mengatur Keuangan agar tidak Boros - Pemborosan adalah salah satu faktor penyebab terhentinya pembangunan diri. Banyak sekali orang yang tidak pernah menyadari apa arti tentang boros tersebut, apa lagi sudah dilakuakan sejak kecil akan sangat berdampak di masa depan. Bila pemborosan  terus dilakukan akan menyebabkan seseorang menjadi terbiasa boros dan tidak dapat menyimpan uang dengan jangka yang lama, sehingga akibatnya hal inilah yang mengubah tingkah dan perilaku seseorang menjadi jahat karena boros dan kehabisan harta benda sehingga mereka mencarinya dengan cara tidak yang halal.



Nah oleh karena itu anda perlu membiasakan diri untuk menabung mulai dari sekarang untuk membangun masa depan yang lebih baik. Salah satu cara agar tidak boros adalah dengan cara menabung. Dibawah ini akan kita bahas tips menabung supaya tidak boros.

1. Sisihkan kurang lebih 10% dari penghasilan tiap bulan untuk ditabungkan

2. THR atau gaji ke13 sebaiknya digunakan untuk menabung, jangan digunakan untuk keperluan yang tidak mendesak

3. Jika anda mendapatkan bonus, kurang lebih sisihkan 50% untuk tabungan, sisahnya bisa anda pergunakan

4. Beri target pengeluaran perhari, jangan sampai melebihi target, pikirkan juga apa yang harus dibeli, beli yang penting saja, yang kurang penting bisa ditunda

5. Jangan pernah membeli sesuatu karena itu murah, barang yang murah kebanyakan gampang rusak akibatnya anda harus membeli lagi

6. Coba bedakan anatara Kebutuhan dan Keinginan
  • Kebutuhan : kebutuhan adalah hal-hal dasar yang harus dipenuhi seseorang orang untuk kelangsungan hidupnya. Contohnya : Seperti sandang, pangan, papan dan lain sebagainya. Setiap manusia membutuhkan hal-hal dasar seperti ini. Karena sifatnya berupa pemenuhan hal-hal dasar, kebutuhan itu itu bersifat terbatas. Seperti halnya jika lapar maka otomatis kebutuhan yang kita butuhkan adalah  makan. Oleh karena itu, Bila kebutuhan sudah terpenuhi, kita tidak perlu membuang uang dengan membeli barang yang tidak kita butuhkan.
  • Keinginan : merupakan hal-hal yang kita dambakan, atau yang kita inginkan. Jika kebutuhan adalah standar terendah, maka keinginan adalah standar ideal atau cenderung tinggi.
     
7. Langkah awal, dahulukan penggunaan uang untuk keperluan yang benar-benar penting dan pokok, setelah itu gunakan untuk keperluan sekunder / kebutuhan sehari-hari dan sisanya bisa kita sisihkan untuk ditabung di bank dan jangan sekali-sekali anda untuk diambil tabungannya sampai ada keperluan yang benar2 penting dan mendesak.

8. Hitung Budget yang keluar : Saya yakin sebagian dari anda tidak pernah memikirkan hal ini, dan malas untuk melakukan. Padahal dengan cara ini kita bisa tau seberapa banyak uang yang kita gunakan, untuk apa kita gunakan. Hal ini berguna supaya kita lebih bisa mengurangi hal yang sangat memboroskan,

9. Jauhi Kebiasaan buruk, contohnya meminum minuman keras, Narkoba, Rokok dan lain sebagainya. Nafsu hal semacam itu akan memboroskan pengeluaran uang, Tentu juga bisa berdampak buruk bagi diri sendiri

10. Bersedekah
anda bisa melakukan Sedekah dengan memberikan seikhlasnya dengan apa yang anda berikan kepada orang lain atau kotak amal masjid, perpuluhan di Gereja, hal itu menjadikan jiwa anda semakin tentram, hati yang tenang, hingga keimanan kepada tuhan yang sangat kuat. Hal inilah yang sering dilakukan orang sukses dalam mencari jati dirinya.

SUDAH BACA. Jangan Lupa Voting 1 Ulama Favorit Kalian

Related Post:

Widget by [ Sebilas Inpo ]

0 Response to "Cara Yang Tepat mengatur Keuangan agar tidak Boros"